TuyulMaestro.com - Jerawat sesungguhnya adalah hal yang normal timbul pada kulit manusia. Tapi, keberadaannya pasti membuat resah dan kesal karena bisa merusak penampilan, terutama bagi kaum hawa. Jerawat sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya ketidakseimbangan hormon, porsi nutrisi yang tidak tepat, kurang istirahat, stres, hingga kurangnya menjaga kebersihan.

Ilustrasi jerawat


Namun, meskipun sudah mencoba segala cara menghilangkan jerawat, seringkali jerawat tetap muncul. Sudah rutin mandi, rajin mencuci muka, menggunakan skincare khusus jerawat, mengurangi makanan berminyak, dan menghindari menyentuh wajah, tapi tetap saja jerawatan. Coba dicek deh, mungkin benda-benda pribadi sobat tuyul kurang diperhatikan kebersihannya. Apa saja benda sehari-hari yang bisa menyebabkan jerawat berdatangan?

Ilustrasi : bantal
Ilustrasi bantal

1. Bantal
Bantal yang setiap hari digunakan untuk alas kepala selama tidur tentu bisa tersentuh kulit wajah. Karenanya, kondisi bantal yang tak bersih bisa ikut mengotori kulit dan mendatangkan jerawat. Tak hanya bantal, perlengkapan tidur lainnya pun perlu secara rutin diganti dan dicuci ya.

Ilustrasi masker wajah

2. Masker
Di masa pandemi corona, kita diharuskan memakai masker saat berada di luar rumah. Penggunaan masker ini seringkali menyebabkan wajah berjerawat, terutama jika maskernya kotor. ganti masker setiap 4 jam sekali. Masker yang terlalu lama dipakai, meski dalam keadaan bersih, tetap bisa menimbulkan jerawat dan masalah kulit lain karena kondisinya yang lembab akibat udara panas (dari hembusan nafas dan suhu kulit wajah) yang terperangkap. Selalu siapkan masker cadangan setiap beraktifitas di luar rumah, ya.


Ilustrasi handuk

3. Handuk
Rajin mandi dan cuci muka saja akan percuma jika tidak disertai dengan rajin mengganti handuk secara berkala. Bakteri dan kotoran akan berkumpul pada handuk jika terlalu lama tidak dicuci. Beberapa di antaranya mungkin menyebabkan jerawat. Mengeringkan handuk di bawah sinar matahari saja tidak akan membunuh bakteri dan kotoran tersebut. Biasakan untuk rutin mengganti handuk setiap beberapa hari sekali agar wajah dan tubuh tidak terkena kotoran dari handuk.

4. Helm
Sebagai salah satu pelindung saat berkendara, helm wajib dipakai. Tapi, jangan lupa jaga kebersihannya juga. Posisi helm yang biasa dikenakan di kepala sangat rentan mempengaruhi kondisi wajah. Jika helm kotor, bukan tidak mungkin kotorannya ikut mengundang jerawat bermunculan di wajah.

5. Handphone
Handphone sudah jadi benda wajib bagi kita sehari-hari. Ke manapun kita pergi, pasti selalu tak ketinggalan membawa handphone. Tapi, karena selalu dibawa ke mana-mana, handphone jadi benda yang rentan membawa kotoran, bakteri, hingga virus. Parahnya, handphone pun sering tidak kita sadari menyentuh wajah, misalnya saat menelepon. Karenanya, handphone pun perlu dibersihkan. Gunakan tisu antiseptik untuk membersihkannya. Bisa juga dengan cara dilap menggunakan tisu dan hand sanitizer yang biasa digunakan.

6. Kacamata
Benda yang satu ini bisa bertengger di wajah selama berjam-jam, terutama bagi yang memiliki mata minus ataupun plus. Seringkali kita tidak membersihkan kacamata. Bisa dibayangkan jika kacamata tersebut kotor, maka kotorannya akan ikut mengotori wajah dan bisa menimbulkan masalah kulit seperti jerawat. Bersihkan kacamata setiap hari menggunakan pembersih khusus agar senantiasa terhindar dari kotoran.

7. Peralatan Make Up
Terbiasa menggunakan brush, sponge, dan blender untuk make up? Jangan lupa untuk membersihkannya juga, ya. Jika peralatan make up tersebut dibiarkan terlalu lama tanpa dicuci, kotoran bisa menempel dan ikut mengotori wajah kita. Akibatnya, jerawat bisa bermunculan.

Itulah 7 benda sehari-hari yang berpotensi menimbulkan jerawat. Bukan berarti harus dihindari, namun kita harus bisa menjaga kebersihan benda-benda tersebut agar tidak membawa kotoran yang kelak memicu jerawat. Selain itu, biasakan membersihkan tangan sebelum menyentuh area wajah. Mudah, namun sering terlupakan, ya? Yuk, mulai dibiasakan dari sekarang!