TuyulMaestro.com - Membicarakan soal hantu memang tak ada habisnya, terlebih dengan berbagai jenis dari mereka yang bertebaran di seluruh dunia. Seperti halnya hantu perempuan berambut panjang yang memakai pakaian berwarna putih yang sering kita sebut dengan nama Kuntilanak, ia juga merupakan salah satu hantu yang eksistensinya cukup mudah ditemui di seluruh dunia.

Ilustrasi Ubume (japanesestation.com)

Ibarat game yang memakai sistem 'Gacha', Kuntilanak masuk pada kategori 'Common'.

Dan, di Indonesia ini memiliki hantu yang bernama Sundel Bolong, wujudnya hampir serupa dengan Kuntilanak namun ia memiliki lubang di sekitar perutnya. Di Jepang, hantu dengan wujud dengan ciri-ciri sejenis memiliki sebutan Ubume.

Yokai (sebutan Hantu untuk masyarakat Jepang) ini berwujud seorang wanita dengan gamis putih, rambut yang panjang dan wajah menyeramkan. Diceritakan bahwa Ubume ini merupakan jelmaan dari para wanita yang mati sebelum melahirkan atau meninggal dalam kondisi hamil.

Ubume ini sering menampakkan dirinya di tempat di mana ia meninggal terakhir kali. Di saat malam gelap, ia berjalan sambil membawa anaknya dan seakan mencari pertolongan.

Dalam kasus yang lain, terkadang ia membawa manusia ke tempat di mana ada bayi yang terlantar dan meminta orang tersebut untuk menyelamatkannya.

Ilustrasi Ubume (Gramho.com)

Konon arwah wanita yang gentayangan dan menjelma menjai Ubume ini merupakan sebab atas kekhawatiran seorang ibu terhadap anaknya. Sosok ini juga dijadikan legenda mengenai kekuatan cinta seorang ibu yang tetap mencari anaknya yang gagal diselamatkan.